Saturday, February 14, 2015

Mengenang banyolan babe lewat sepiring Gabus Pucung



Rumah Makan H. Nasun



            Selain rasa enak yang biasanya selalu dicari oleh pencinta kuliner , bonus rasa kekeluargaan yang sangat tinggi dari si Babe makin membuat rasa pecak maupun pucung yang sudah enak jadi enak skalee

Babe Nasun muda (alm) dan isteri diabadikan pada kaos yang digunakan oleh keponakannya yang sekarang menjalankan kedai Gabus Pucung Babe Nasun
 Pecak bukan Becak, Pucung bukan Pocong



            Pecak dan Pucung mungkin agak asing untuk banyak orang, sebagian teman saya selalu mengeryikan dahi saat saya ajak makan kedua makanan khas betawi itu, “apaan sih tu” biasanya ini yang selalu ditanya. Kuah Pecak sendiri adalah masakan yang seringnya menggunakan bahan dasar ikan tawar khususnya Gurame dan Ikan Mas, pecak sendiri ada beberapa mazhab, ada yang kentel bersantan ada juga yang bening dengan gerusan bumbu-bumbu bakar yang dihaluskan. Pucung sendiri ga banyak dikenal orang tapi kalau dibilang Kluwek nah biasanya pada ngeh, padahal ya sama aje. Kuah Pucung sendiri paling sering menggunakan Ikan Gabus yang sudah mulai susah dicari. Gagrak peak kental biaa ditemukan di daerah Jagakarsa, sedangkan yang lebih encer segar ada di Ciganjur juga Buncit.

Sajian kumplit di RM Babe Nasun, gurame pecak, gabus pucung sop sapi dengan sambal lalap dan tempe goreng , ditemani sebakul nasi
 Si Hitam Pucung dan si Gurih Pecak



            Kedua masakan diatas adalah primadonanya warung ini yang selalu dicari-cari para pelanggan. Gabus Pucung memanfaatkan kelembutan dan kegurihan ikan gabus yang dipadu rasa earthy dan pungent khas dari pucung. Paduan lembut dan garang ini menghasilkan simfoni rasa yang tak terlupakan apalagi di kuahnya selalu berenang-renang beberapa cabe rawit utuh yang siap untuk membuat kuah pucung makin nampar. Kerenyahan Gabus goreng memang pas banget buat disandingin dengan kuah pucung, tapi kalau kurang beruntung Gurame pake kuah pucung boleh juga dicoba.

Pecak gurame juga disajikan seekor utuh
             Jagoan kedua si Pecak Gurame adalah favorit saya di warung ini. Gurame goreng dimandiin kuah pekat yang dibuat dengan cabe, bawang, kemiri, kunyit dan mede goreng. Bahan yang terakhir yang membuat kuahnya begitu wangi, begitu gurih dilidah dan punya tekstur yang khas. Rasa daging gurame yang simple dan gampang menerima flavor dari luar pas banget diguyurin kuah yang pekat dan sangat-sangat-sangat wangi dan gurih, ditambah taburan bawang goreng yang renyah dan wangi.


            Walau perasaan saya lebih berat ke Gurame Pecak bukan berarti Gabus Pucung nggak dilirik, keduanya biasanya dipesan dan dinikmati dengan keanggunan dan kecantikannya masing-masing, pasti nggak nyesel.





Sop tanpa laler



            Menu lain yang bisa kita cobain adalah Sop Dagingnya, sebenarnya saat membuka warung ini pertama kali sop ini yang jadi andalan babe. Lama kelamaan masakan Pucung dan Pecak yang datang belakangan malah lebih ngetop, secara lebih langka dari sop jadi banyak yang lebih memilih kedua masakan berbahan ikan itu. Sopnya sendiri menggunakan potongan-potongan daging yang empukkk banget dipadu dengan aneka sayur yang ga kematengan jadi masih ada kriuk kriuknya. Babe berani jamin di warungnya ga ada laler, saat ditanya kenapa , menurut Babe kuncinya adalah “Sop disini kan ga pake tulang” perlu sedikit berpikir menerjemahkan statement beliau yang kadang-kadang bersayap. Ternyata kalau nggak pake tulang orang jarang yang buang tulang di kolong jadi lalat nggak mau datang ke warung ini.

 
Suasana rumahan Warung Babe Nasun di Jagakarsa

Lenongan dan Tentengan dari Pak Haji



            Selain makanannya yang memang patut dipujikan rasanya ada beberapa hal lain yang membuat pelanggan selalu kembali kesini, dan yang baru pertama kali kesini jadi balik dan balik lagi. Yang pertama, si Pak Haji ini doyan banget ngebanyol mungkin udah beda-beda tipis sama ngelenong. Misalnya dia pernah bikin kaget pelanggan dengan kalimat “Nasi di tempat saya gak dicuci”, saat pelanggan terbengong Pak Haji langsung nambahin “Iyalah, emang mau makan nasi direndem aer, kalau berasnya ya dicuci” atau pernah beliau bilang “Bulan ini saya baru buka dua hari” yang disambut oleh pertanyaan apakah Pak Haji sakit, sambil terkekeh dan nunjuk kalender dijawab begini “Lah kan sekarang baru tanggal 2 ya baru dua hari dong bukanya bulan ini”. Nggak jarang beberapa pelanggan perempuan diajak kawin, tentunya bercanda, pokoknye lenong banget dah.


            Satu lagi yang menunjukkan betapa generousnya Pak Haji adalah hasil bumi dari kebunnya berupa pisang mas, rambutan, papaya, kelapa, nanas dan beberapa macam buah lainnya boleh dikonsumsi gratis sepuas kita. Bahkan kalau kita pulang pasti ditentengin tuh aneka buah, terutama pisang. Biasanya beliau selalu bilang “Bawa dah yang banyak buat yang di rumah” perlakuan yang merata ke semua tamu, mau langganan atau pertama kali makan disitu pukul rata, gimana pelanggan nggak betah coba, di ujung Jakarta juga dijabanin dahhh.

           

Warung Pecak/Pucung Babe Nasun

Jl. Moh. Kahfi II No. 21 Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Telepon (021) 7870016

Buka: 10.00-14.00 (atau sehabisnya, disarankan menelpon dulu)

Gurame Kuah Pecak/Pucung 40,000-55,000 (tergantung ukuran) tersedia gurame utuh

Gabus Kuah Pecak/Pucung 40,000-55,000 (tergantung ukuran)


*Babe Nasun sudah tiada namun kenangan banyolan dan keramahannya masih membekas nyata



+ :

-          Rasanya sangat dipujikan

-          Pak Haji Nasun yang ramah dan doyan ngebanyol, bikin betah

-          Warung yang rustic khas Betawi

- :
- Cuma buka siang aja, dan cepet banget habisnya

Tulisan untuk Pustaka Rumah Seri Kuliner - Betawi

No comments:

Post a Comment